Sebelum kita membahas
apa penyebab koperasi di Indonesia sulit berkembang kita sebelumnya harus
mengetahui apa sih koperasi itu mulai dari definisnya, prinsip-prinsipnya, fungsi-fungsinya serta peran koperasi di
Indonesia. Namun disini saya tidak akan membahas hal terserbut. Dan saya akan
menjelaskan apa saja jenis-jenis kopearsi agar kita bias mengetahui kendala apa
saja yang terjadi di tiap jenis-jenis kopeari tersebut.
Adapun jenis-jenis
koperasi menurut fungsinya:
-
Koperasi pembelian/pengadaan/konsumsi
Koperasi
yang menyelenggarakan fungsi pembelian atau pengadaan barang dan jasa untuk
memenuhi kebutuhan anggota sebagai komsumen akhir. Di sini anggota berperan
sebagai pemilik dan pembeli atau konsumen bagi koperasinya.
-
Koperasi penjualan/pemasaran
Koperasi
yang menyelenggarakan fungsi distribusi barang atau jasa yang dihasilkan oleh
anggotanya agar sampai di tangan konsumen. Disini anggota berperan sebagai
pemilik dan pemasok barang atau jasa kepada koperasinya.
-
Koperasi produksi
Koperasi
yang menghasilkan barang dan jasa, dimana anggotanya bekerja sebagai pegawai
atau karyawan koperasi. Disini anggota berperan sebagai sebagai pemilik dan
pekerja koperasi.
-
Koperasi jasa
Koperasi
yang menyelenggarakan pelayanan jasa yang dibutuhkan oleh anggota, misalnya:
simpan pinjam, asuransi, angkutan dsb. Disini anggota berperan sebagai pemilik
dan penguna layanan jasa koperasi.
Dilihat dari penjelasan
diatas kita dapat menemukan beberapa kendala yaitu
-
Untuk koperasi
pembelian/pengadaan/konsumen
Terkadang
untuk beberapa koperasi ini masalah yang sering terjadi adalah dalam pembeliaan
atau pengadaan barang. Itu memang sudah menjadi tugasnya namun masih kurang
terlaksana dengan baik. Anggota masih belum bias melihat pasaran yang sedang in
dalam masyarakat. Kurangnya pengetahuan pasar pada anggota yang menjalankan
tugas tersebut. Sehingga untuk barang yang di jual kurang mendapat minat di
masyarakat karena seharusnya apa yang dibeli itu harus mengikuti jaman yang
sedang berkembang sekarang. Sehingga barang tersebut akan mudah untuk di jual
kembali di karenakan banyak yang menyukai barang tersebut dan juga mengundang
konsumen untuk kembali lagi ke koperasi
atau bias dibilang akan meningkatkan
minat masyarakat dan semoga bias
menginfluence masyarakat lain yang belum tahu atau belum pernah
mengunjungi koperasi dan akan
sering-sering mengunjungi koperasi.
-
Untuk koperasi penjulan/pemasaran
Menurut
saya yang terjadi dilapangan saat ini koperasi masih kurang dalam hal penyelenggaraan
fungsi distribusi. Untuk pemasarannya masih sangat minim. Padahal pemasaran itu
adalh hal yang sangat penting dalam
bisnis uasaha apapun. Seharusnya pemasaran bias kita terapkan dengan
baik dalam kopersai di indonesi. Tapi kenyataannya bisa kita lihat dari kurang
nya pengetahuan konsumen tentang koperasi tersebut dan juga Ketidaktahuan konsumen mengenai barang-barang apa saja yang dijual
karena kurangnya sosialisasi pemasaran koperasi sehingga menyebabkan koperasi
sekarang sepi dikunjungi masyarakat. Konsumen pun tidak tahu dan tidak tertarik
dengan koperasi itu sendiri. Kalau buakan koperasi yang mulai soasialisasi maka
konsumen atau masyarakat pun tidak bias berbuat banyak.
-
Untuk koperasi produksi
Disini
tugas dari koperasi produksi adalah menghasilkan barang dan jasa. Disini
koperasi pun memegang peranan penting. Diamana apa yang dibuat nanti akan
menentukan tingkat keberhasilan penjualan tersebut. Maka dari itu harus
dipikirkan matang-matang apa yang akan di produksi oleh koperasi yang akan mengundang
minat konsumen untuk membeli. Kendala yang sering terjadi adalah sama seperti
koperasi pembelian yaitu kurangnya pengetahuan pasar. Sehingga terkadang apa
yang dibuat koperasi tidak terjual dengan baik. Lalu perlu diingat juga bahwa
konsumen juga melihat barang dari segi kegunaan. Maka koperasi harus
memproduksi barang yang memang selain bagus juga memiliki kegunaan yang besar
bagi masyarakat. Selain itu konsumen juga melihat dari segi harga, konsumen
pasti akan membeli dengan harga yang murah tentu tanpa mengesampingkan kualitas
dari barang tersebut. Disini koperasi harus benar-benar memikirkan bagaimana
memproduksi barang yang memiliki tingkat kegunaan yang besar dengan harga yang
murah tetapi tetap tidak melupakan kualitas. Sehingga konsumen akan tertatarik
untuk beli barang di koperasi.
-
Untuk koperasi jasa
Yang
saya tahu selama ini untuk koperasi jasa masih berjalan dengan baik.karena
koperasi memberikan tingakat bunga yang rendah
kepada masyarakat sehingga
masyarakat tertarik untuk melakukan simpan pinjam di koperasi. Namun di setiap
koperasi tingkat bunga nya berbeda-beda.
Koperasi banyak membantu dalam hal ini karena terkadang banyak
masyarakat yng membutuhkan dana untuk modal, atau sesuatu yang mendadak
terajadi dan sangat dibutuhkan masyarakat.
Lalu untuk penyebab
selanjutnya adalah
-
Kurangnya sarana dan prasarana yang
memadai
Hal
ini juga yang menyebabkan kurangnya minat para konsumen ataupun masyarakat
untuk ke koperasi. Seharusnya diadakan perbaikan koperasi dari gedung ataupun fasilitas
di dalam ruangan. Agar orang-orang yang berkunjung merasa nyaman.
-
SDM
Kurangnya
SDM dalam pengelolaan koperasi sangat berpengaruh dalam perkembangan dan
kemajuan koperasi, seharusnya kepengurusan koperasi ditangani oleh manusia yang
memiliki tingkat SDM yng tinggi
-
Manajemen yang kurang baik
-
Permodalan yang masih minim
-
Faktor usia pengurus koperasi
Usia
juga bias menjadi factor kemajuan dan perkembangan koperasi. Karena pada saat
ini rata-rata usia dari pengurus koperasi berada pada usia bukan produktif.
Padahal usia produktif lah yang bias memajukan koperasi karena dengan adanya
kalangan muda yang menjadi pengurus bias ikut memberikan ide-ide yang bagus dan
berkembang sesuai jaman saat ini.
-
Kurangnya kesadaran masyarakat
Koperasi
akan berjalan dan berkembang maju apabila ada dukungan dari masyarakat itu
sendiri. Tapi pada kenyataannya masyarakat banyak yang tidak ikut berkontribusi
dalam kemajuan koperasi padahal dukungan dari masyarakat adalah hal yang sangat
penting. Maka dari itu sekarang koperasi masih terpuruk.
Sebenarnya
inti dari semua masalah ini adalah masyrakat itu sendiri juga. Karena walaupun
sebaik apapun koperasi tetapi tidak ada nya kontribusi dukungan partisipasi
dari masyarakat untuk memajukan koperasi tetap saja koperasi tidak akan
berjalan dengan baik. Maka dari itu peran dari masyarakat disini memang
benar-benar sangat dibutuhkan
Referensi
: wikipedia
;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar