Mencatat
itu bukan bikin notulen rapat, dimana setiap detail harus di-record. Ingat,
seorang dosen rata-rata berbicara 130 kata per menit ketika memberikan kuliah,
sedangkan jumlah kata rata-rata yang bias kita catat Cuma 25 kata per menit.
Karena
itu catat hanya informasi-informasi atau fakta-fakta yang menurut kita penting
dan relevan. Apa sih intisarinya? Biasanya kita dapat dengan gampangmenemukannya
di:
1.
Materi yang tercatat di papan tulis atau power point
2. Kata-kata yang
diulang terus-menerus oleh si dosen
3. Penekanan (bias
voice atau gesture), lamanya waktu yang dipakai untuk menerangkan sesuatu, atau
banyaknya contoh yang dipakai.
4. Kata-kata penanda,
misalnya “ada dua hal yang bias kita pelajari”, “alas an ketiga adalah”
5. Pengantar yang
disampaikan pada awal kelas atau rangkuman yang diberikan pada akhir kelas.
Bikin
catatan yang ringkas, gunakan singkatan atau simbol-simbol yang gampang
dimengerti.
Prinsipnya
nih: jangan pakai kalimat kalau kita bias pakai frasa. Jangan pakai frasa jika
kita bias pakai kata. Dan jangan pakai kata bila kita bisa pakai huruf atau
angka.
Mau
cepet lulus nggak? Ayo nyatet yang bener! Good Luck guys!
Sumber: majalah CAMPUSlife
Tidak ada komentar:
Posting Komentar